Home

Articles

Mahasiswa STIKes Bhakti Kencana Berhasil Masuk 10 Besar Lomba Karya Tulis Nasional

Tim Mahasiswa Ilmu Keperawatan (s1) Masuk sebagai Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Keperawatan di Universitas Airlangga

 [stikesbhaktikencana.ac.id] Sebagai wujud penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Bhakti Kencana mengirimkan mahasiswa dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Keperawatan Tingkat Nasional di Universitas Airlangga. Nama-nama tim mahasiswa tersebut adalah Selliana Dwi Rahmawati, Ridha Adawiyah, dan Maulana Yusuf.

Maulana Yusuf, Seliana Dwi Rahmawati, Ridha Adawiyah saat presentasi karya tulis ilmiah.

Pada kegiatan LKTI ini, perlombaan ini diikuti oleh 23 Tim dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia. Lomba ini diadakan sebagai agenda tahunan oleh Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga dalam rangka Dies Natalis FKp UNAIR. Lomba kali ini mengalami penurunan peserta karena pada tahun lalu ada sekitar 50 peserta. Lomba ini dimulai dari bulan april dan berakhir bulan juli 2013.

Seperti tahun sebelumnya, karena keperawatan adalah sebagai ilmu dan profesi, maka perlu dilaksanakan kegiatan yang mendukung terhadap peningkatan keilmiahan guna menyongsong era globalisasi. Selain itu, dapat memberikan sumbangsih metode atau teori yang dapat digunakan dalam peningkatan layanan kesehatan.

No

Nama Ketua

Institusi

1

I.B Putu  Sanchita Guptayana Putra

Universitas Udayana

2

Nila Rizayanti

UGM Yogyakarta

3

Hartono

Universitas Airlangga

4

Zahrotul Ulum

Universitas Airlangga

5

Mutik Sri Pitajeng

UGM Yogyakarta

6

Seliana Dwi Rahmawati

STIKes Bhakti Kencana Bandung

7

Atsarina Fauzan

UGM Yogyakarta

8

Ria Fitriani

Universiytas Airlangga

9

Fasih Bintang Ilhami

STIKES NGUDIA HUSADA MADURA

10

Annisa Dwi Ma'rifah

Universitas Indonesia

10 Besar Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

Pada kegiatan ini, untuk pertama kali Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Bhakti Kencana Bandung mengikuti ajang nasional dalam bidang KTI. Walaupun sebagai pendatang baru, STIKes Bhakti Kencana mampu bersaing dengan peserta dari berbagai Universitas Negeri atau Swasta terkemuka di Indonesia atau bahkan didunia Seperti UI, UGM, UNAIR, Universitas Udayana dengan Masuk sebagai 10 Besar Finalis LKTI Keperawatan Nasional Dies Natalis ke 14 FKp UNAIR. Ilmu Keperawatan STIKes BK merupakan salah satu dari Dua peserta STIKes yang masuk sebagai finalis yaitu STIKes Ngudia Husada Madura. Peserta didampingi oleh Rizki Muliani., S.Kep., Ners., MM (LPPM Prodi Ilmu Keperawatan) dan Haerul Imam, S.Kep., Ners (Kemahasiswaan Prodi Ilmu Keperawatan).

Pada kesempatan ini, Selliana dan tim mengangkat judul tentang ”Teen Health Center sebagai Pusat Informasi untuk Menurunkan Kejadian Anoreksia Nervosa pada Remaja Putri Indonesia”. Topik ini membahas tentang Teen HC sebagai solusi untuk menurunkan angka Anoreksia Nervosa pada Remaja Putri. Anoreksia Nervosa adalah gangguan makan guna mengurangi berat badan dengan cara patologis (melaparkan diri). Hal ini merupakan menjadi perhatian utama bagi tim selliana karena dapat mengakibatkan malnutrisi, gangguan konsep diri, dan atau bahkan kematian.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatan motivasi mahasiswa Ilmu Keperawatan untuk meningkatkan kompetensi terutama dalam bidang keilmiahan. Untuk selanjutnya, akan dilaksanakan program pembinaan mahasiswa Ilmu Keperawatan dalam bidang keilmiahan melalui Deprtemen ilmy Rohis Al- ‘Aafaatul Quds BEM STIKes Bhakti Kencana Bandung. Selain itu, STIKes Bahkti Kencana akan memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada siapa saja mahasiswa yang berprestasi.

*Rillis oleh Haerul Imam, S.Kep., Ners (Kemahasiswaan Prodi Ilmu Keperawatan)

Go to top